Hero Cover

Blog

Memperkenalkan 'PLUS by GoTo': Kenyamanan untuk konsumen Indonesia
17 April 2023
title

PLUS by GoTo menawarkan pengiriman bebas ongkir tanpa batas dengan waktu pemrosesan pesanan yang lebih cepat, serta keuntungan dari para mitra eksklusif dengan biaya berlangganan yang terjangkau.

Belanja daring kini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi jutaan konsumen Indonesia, dan di Tokopedia, kami selalu mencari cara baru untuk meningkatkan pengalaman daring yang lebih baik dan nyaman. Inilah alasan kami meluncurkan ‘PLUS by GoTo’ pada bulan Agustus, sebuah program berlangganan baru yang menawarkan berbagai keuntungan, beragam promosi, dan diskon dengan biaya bulanan yang terjangkau.

Inspirasi dibalik PLUS

Bagaimana PLUS terbentuk? Ada dua faktor utama dibalik peluncuran ini.

Pertama, kami melihat kebutuhan untuk meningkatkan pengalaman logistik bagi konsumen. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 6,000 pulau berpenghuni yang menyebabkan logistik relatif mahal dan membutuhkan waktu yang lama. Sebagian besar masyarakat Indonesia mempunyai kecenderungan untuk mencari ongkos kirim yang murah dan bahkan gratis, menunggu promosi yang menarik, dan menggabungkan pesanan untuk memaksimalkan promosi pengiriman.

Namun dalam dua tahun terakhir, kami melihat pergeseran perilaku belanja masyarakat Indonesia di mana ada peralihan kee-commerceakibat dari pandemi. Saat ini, semakin banyak pembeli yang bertransaksi daring, dan ketersediaan produk juga meningkat secara eksponensial dengan jutaan penjual yang bergabung dalam ekosistem GoTo selama pandemi. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan layanane-commerce, bukan tidak mungkin pengiriman reguler gratis berbasis kuota yang sifatnya terbatas tidak cukup bagi sebagian masyarakat yang sangat bergantung pada Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

Kedua, ketika masyarakat mulai mengadopsi pengalaman berbelanja daring, tumbuh perilaku untuk mencobae-commercenon-tradisional seperti memesan makanan, konsultasi jarak jauh dengan dokter, pendidikan dan hiburan, dan masih banyak lagi. Pengalaman daring pada dasarnya adalah tatanan normal baru bagi konsumen Indonesia. Pada saat yang sama, kami menyadari bahwa banyak yang merasa kewalahan dengan peningkatan jumlah penyedia layanan di setiap kategori. Sebelum adanya kehadiran PLUS, belum ada program yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses ke mitra strategis, layanan, dan keuntungan di bawah satu payung.

PLUS by GoTo mengatasi kedua tantangan ini. Didesain dengan harga terjangkau dan dikemas dengan nilai tambah, paket berlangganan ditawarkan mulai dari Rp150.000 selama enam bulan pada periode promosi awal. Pelanggan PLUS bisa mendapatkan pengiriman cepat dan gratis tanpa batas untuk transaksi apa pun di atas Rp25.000. Pelanggan juga bisa mendapatkan keuntungan eksklusif dari mitra GoTo untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari yang dikurasi dalam ekosistem GoTo. Mulai dari diskon obat-obatan dan konsultasi jarak jauh di Halodoc, diskon voucherstreamingPiala Dunia 2022 di Vidio, pengiriman dengan waktu pemrosesan pesanan yang lebih cepat dan tanpa batas, gratis ongkos kirim untuk pembelian berbagai macam produk kebutuhan harian melalui Tokopedia NOW!, dan masih banyak lagi. Ini baru permulaan, dan ke depannya kami akan terus menghadirkan lebih banyak mitra untuk menyediakan program langganan dengan segudang nilai tambahyang dapat memberikan kenyamanan dan bagi para pengguna.

article

Proses peluncuran PLUS

Kami meluncurkan PLUS by GoTo dalam waktu yang sangat singkat yaitu 10 minggu! Hal ini dapat terjadi karena solidaritas tim kami yang begitu tinggi.Kekuatan utama ini lah yang memungkinkan kami bergerak dengan cepat tanpa mengorbankan kualitas. Terdapat sekitari 1000 orang yang terlibat di mana jumlah tersebut 3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan rilis fitur produk-produk besar kami yang sebelumnya. Selama proses pembuatan produk tersebut,kami juga menghadapi berbagai tantangan, dan berikut adalah beberapa hal penting yang berhasil kami selesaikan bersama sebagai satu GoTo:

  1. Memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik: Kami merancang pengalaman pembelian daring secara menyeluruh bagi pelanggan PLUS agar dapat berjalan dengan lancar - dimulai dari pembelian paket berlangganan, pengelolaan paket langganan, serta pengalaman pengguna dalam membeli suatu produk. Produk pilihan terbaik dari seller unggulan akan muncul pertama kali di aplikasi pengguna Tokopedia dan dapat dibedakan dengan simbol ataubadgePLUS yang melambangkan kepercayaan dan kenyamanan.
  2. Membangun dalam skala yang besar: Untuk merampungkan produk dalam waktu yang telah ditentukan, kami memanfaatkan sistem yang ada dan membangun hal-hal yang diperlukan sambil memastikan sistem dapat dikembangkan pada skala yang lebih besar di masa mendatang.
  3. Memenuhi komitmen kami: Komitmen pada pengiriman yang kami berikan adalah kombinasi dari waktu pemrosesan penjual, batas waktu pengambilan mitra kurir, serta ketersediaan opsi pengiriman premium pada rute dan kepatuhan SLA penjual. Kami harus mempertimbangkan semua variabel tersebut, termasuk bagaimana mensosialisasikannya kepada penjual PLUS dan memastikan penawaran yang menarik dan layak untuk produk PLUS kami.
  4. Keuntungan Mitra Eksklusif: Kami bekerja sama dengan para mitra untuk memastikan pelanggan dapat menikmati berbagai manfaat dan keuntungan. Setelah mengidentifikasi manfaat dan keuntungan yang ditawarkan, kami membangunawarenessterhadap keuntungan yang kami tawarkan memastikan kelancaran penggunaan produk di platform, serta mengoptimalkan proses penggunaan manfaat tersebut di platform mitra kami. Sebagai contoh, pelanggan PLUS secara otomatis terdeteksi di aplikasi Halodoc, dan memungkinkan mereka untuk menerima diskon langsung saat konsultasi dokter jarak jauh serta pembelian obat-obatan.
  5. Layanan Pelanggan Prioritas: Untuk memastikan pengalaman yang konsisten, kami menawarkan layanan prioritas kepada pelanggan. Kami bekerja sama dengan timcustomer serviceuntuk memastikan kendala pelanggan PLUS mendapatkan prioritas dan ditutup lebih cepat dengan komunikasi yang lebih personal.

Tujuan kami selanjutnya

Saat ini, PLUS by GoTo tersedia untuk pelanggan di pulau Jawa, Indonesia, namun kami tidak akan berhenti sampai di situ. Visi kami adalah membuat produk ini dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kami akan meluncurkannya secara bertahap ke lebih banyak wilayah di Indonesia, sambil memperluas manfaat dan keuntungan dalam ekosistem GoTo dan mitra kami, sehingga PLUS dapat memberikan kenyamanan pada setiap bagian kehidupan konsumen. Tunggu kabar selanjutnya!

article

Powered Bygoto